Menggantikan Gundogan di Man City: Apakah Phil Foden yang Terpilih?


 

Pelatih Manchester City Josep Guardiola menyatakan bahwa Phil Foden dapat menjadi pengganti Ilkay Gundogan karena ia mampu bermain juga di lini tengah.

Gundogan adalah pemain kunci di skuad Man City. Ia merupakan rekrutan pertama Guardiola di klub pada tahun 2016.

Gundogan sering menjadi starter di lini tengah City. Ia tidak hanya membantu mengontrol jalannya laga.

Foden yang Multifungsi

Phil Foden merupakan pemain andalan Josep Guardiola di Manchester City. Posisi asalnya adalah winger kiri.

Namun Guardiola sering memainkannya di berbagai posisi. Musim lalu, pada 2022/2023, ia tercatat bermain di tujuh posisi berbeda bersama City.

Menurut catatan Transfermarkt, ia bermain sebagai sayap kiri sebanyak 16 kali. Sebagai pos gelandang serang enam kali dan sayap kanan lima kali.

Ia juga sempat bermain sebagai gelandang tengah dua kali. Hasilnya, Foden mencetak satu gol dan satu assist.

Foden juga bermain di posisi penyerang tengah (1), gelandang kiri (7), dan gelandang kanan (4).

Kata Guardiola Tentang Foden

Josep Guardiola mengakui bahwa Phil Foden sangat membantu Manchester City dengan kemampuannya beradaptasi di pos-pos lain, termasuk di lini tengah. Namun Guardiola menekankan bahwa jika Foden bermain di lini tersebut di masa depan, ia harus berhati-hati.

"Phil bisa bermain di lima posisi - dari striker, sayap kiri, sayap kanan, gelandang serang - ia bisa bermain di mana saja," kata Guardiola seperti yang dilansir oleh Goal.

"Tepat di lini tengah, ia harus lebih berhati-hati dalam banyak, banyak aspek dan mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyadari apa yang harus ia lakukan terutama dalam bertahan, tapi tentu saja ia memiliki sesuatu yang istimewa di posisi itu, kualitas dalam satu-lawan-satu, tiba di kotak penalti, insting gol, jadi semuanya ada di sana," pujinya.

Pengganti Gundogan

Josep Guardiola menambahkan, dengan kemampuannya saat ini, Phil Foden berpeluang untuk menggantikan Ilkay Gundogan. Namun, ia tetap tidak berani menjamin apakah Foden pasti akan mengisi posisi tersebut.

Sebab, seperti yang disebutkan sebelumnya, Foden masih harus mengasah ketrampilannya bermain di area tersebut.

"Sangat penting untuk memiliki pemain seperti dia yang dapat Anda gunakan di lima posisi. Dengan kepergian Gundo, mungkin ia bisa lebih banyak bermain di posisi itu. Lihat saja," terang Guardiola.

Sumber: Goal

Lebih baru Lebih lama