Protes Gary O'Neil atas Kekalahan Wolves dari MU: Wolves Seharusnya Mendapatkan Penalti!


 

Pelatih Wolverhampton, Gary O'Neil merasa kesal dengan keputusan yang diambil oleh wasit Simon Hooper dalam pertandingan melawan Manchester United. Dia berpendapat bahwa timnya seharusnya diberikan penalti di akhir pertandingan setelah terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Andre Onana.

Wolves memulai musim Premier League 2023/24 dengan kekalahan saat bertandang ke markas Manchester United. Bertanding di Old Trafford pada Selasa (15/08/2023) dini hari WIB, mereka kalah tipis 0-1 melalui gol yang dicetak oleh Raphael Varane.

Kiper debutan Setan Merah, Onana, terlihat melakukan pelanggaran keras terhadap Sasa Kalajdzic di masa injury time, tetapi Simon Hooper tidak mengambil tindakan dan wasit VAR Michael Salisbury berpendapat bahwa tidak ada pelanggaran yang terjadi. Karena insiden tersebut, O'Neil kemudian mengeluarkan protes yang berujung pada dia mendapatkan kartu kuning.

Setelah pertandingan berakhir, anggota Asosiasi Wasit Premier League (PGMOL), Jon Moss, meminta maaf kepada Gary O'Neil dan menyatakan bahwa seharusnya Wolves mendapatkan penalti atas insiden di masa injury time.

Penyesalan Jon Moss

O'Neil mengungkapkan setelah pertandingan bahwa menurutnya Onana nampak mencoba untuk mengenai kepala Kalajdzic dengan sengaja, dan dia juga mengungkapkan bahwa ia telah menerima permintaan maaf dari Jon Moss.

"Saya baru saja berbicara dengan Jon Moss, dan saya menghargai bahwa dia datang langsung untuk meminta maaf dan mengatakan bahwa itu seharusnya adalah penalti dan seharusnya diberikan," kata O'Neil.

"Kadang-kadang saya merasa tidak nyaman. Saya telah menghabiskan banyak waktu bersamanya untuk mencoba memahami pedoman-pedoman baru dan cara untuk menghindari mendapatkan kartu kuning, yang sayangnya belum berhasil saya lakukan, tetapi saya menghormati sikap Jon yang datang untuk berbicara.

"Dia menyatakan bahwa keputusan tersebut sangat jelas dan nyata, dan dia merasa heran mengapa wasit lapangan tidak memberikan penalti dan VAR tidak melakukan intervensi.

"Sejujurnya, hal tersebut mungkin membuat saya merasa lebih buruk karena setelah Anda tahu bahwa Anda benar, rasanya semakin menyakitkan ketika Anda tidak mendapatkan apa-apa," tambahnya.

Pendapat Erik Ten Hag

Keputusan kontroversial tersebut bukanlah satu-satunya aspek yang menimbulkan kesan bahwa Manchester United beruntung mendapatkan tiga poin dari pertandingan pembuka Premier League.

Pelatih Manchester United, Erik Ten Hag, berusaha meremehkan insiden tersebut, tetapi ia tidak sendirian dalam pandangannya bahwa para ofisial membuat keputusan yang tepat.

"Ketika VAR melihat situasi tersebut dan memutuskan untuk tidak memberikan penalti, tentu saja kami merasa lega," ujar pelatih asal Belanda tersebut.

"Hal ini berkaitan dengan keputusan wasit dan penggunaan VAR. Menurut saya, kedua pemain datang bersamaan dan Andre [Onana] tidak mengganggu pergerakan mereka karena yang pertama adalah kontak dengan bola dan baru setelah itu Andre datang," lanjutnya.

Pantaskan Mendapatkan Poin

Dengan Gary O'Neil yang baru saja mengambil alih sebagai pelatih dalam beberapa hari terakhir menggantikan posisi Julen Lopetegui, Wolves tampil mengesankan dengan semangat menyerang yang ditunjukkan oleh para pemainnya.

Max Kilman dan rekan-rekannya mencatatkan total 23 percobaan tembakan ke arah gawang, angka yang tertinggi bagi tim tamu yang bermain di Old Trafford sejak Chelsea mencatatkan 25 percobaan tembakan pada bulan November 2005.

Menjadi tim yang kesulitan dalam mencetak gol adalah masalah yang sudah tidak asing bagi Wolves pada musim lalu, namun Gary O'Neil merasa puas dengan apa yang telah ia saksikan. "Saya memberikan apresiasi yang besar kepada para pemain," ujar pelatih asal Inggris tersebut.

"Meskipun ada beberapa hal negatif yang mengitarinya, mereka telah sepenuhnya berkomitmen pada apa yang kami minta dari mereka dan mereka menghadapi tim-tim papan atas dengan berani di tempat yang sulit untuk dikunjungi, dan tentu saja mereka merasa kecewa dengan hasil ini.

"Melihat jumlah peluang yang telah kami ciptakan dan peluang gol yang seharusnya, menurut saya, kami pantas mendapatkan setidaknya satu poin dari pertandingan ini.

Lebih baru Lebih lama